Firman Tuhan

Mazmur 139 : 14,
"Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.''

Friday, April 7, 2017

Artikel - Pemulihan Gambar Diri








Roma 12 : 1-2 : ‘’Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna’’.

Perubahan hidup adalah sebuah proses dan perjalanan pertumbuhan rohani setelah kita meneri ma keselamatan. Satu bagian yang penting untuk kita alami dalam perubahan hidup adalah pembaharuan budi (pikiran).


I. Gambar Diri

Manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Namun karena dosa, manusia kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3 : 23).  Dosa merusak Gambar Diri setiap manusia.
Gambar Diri sacara sederhana berarti Apa yang anda percaya tentang diri anda sendiri.

Amsal 23 : 7 : ‘’Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia’’.

Gambar Diri memiliki pengaruh penting dalam kehidupan setiap manusia. Seorang psikolog kristen bernama Lawrence J. Crabb menyatakan bahwa kebutuhan pribadi mendasar dari setiap orang adalah menganggap dirinya sebagai pribadi yang berharga.

A.  Gambar Diri yang Salah


Gambar Diri yang salah akibat dosa, secara umum memiliki rumusan sebagai berikut :




Harga (Nilai) diri saya = Penampilan/performa  +  Apa kata orang lain tentang saya


Akibat dari Gambar Diri yang salah :

1. Kita akan mengalami Problem Emosionalyang akan menghambat pertumbuhan rohani, menghancurkan potensi yang kita miliki dan membuat kita gagal dalam menggenapi rencana Tuhan di hidup kita.

Contoh : Perasaan minder, rasa tidak berharga, tidak berguna, putus asa,stress, dll.

2.Membuat kita terjebak dalam  Kehausan/Ambisi, untuk memperoleh kesuksesan dan mendapat pengakuan. Sebagai akibatnya, akan terbentuk kecenderungan perilaku yang demikian :

a. Memaksakan diri : Membentuk pribadi yang perfeksionis,ambisius, dan workaholic.
b. Menarik diri untuk menghindari kegagalan : Membentuk pribadi yang cuek, acuh, dan lari dari tantangan.
c. Sombong : Merasa diri paling hebat dan semua adalah hasil kemampuannya sendiri.

3. Menjadi pribadi Yang Tidak Amantidak mudah menerima masukan, nasihat, kritik yang membangun. Sedikit banyak itu akan mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain.

Contoh : Sensitif, penuh prasangka, mudah salah paham, rendah diri, dan mudah tersinggung.


B. Gambar Diri yang Benar

Gambar Diri yang benar, yang seharusnya kita miliki adalah :




Harga (Nilai) diri saya = Pribadi Saya  +  Apa Kata Tuhan


Bila kita ingin memiliki gambar diri yang sehat, yang benar, dan yang utuh, maka kita harus melihat diri kita dari cara pandang Tuhan. Dia adalah Pencipta kita. Di luar apa kata Tuhan…maka itu adalah pandangan atau gambar diri yang salah !

Kejadian 1 : 27-28 : ‘’Maka Allah menciptakan manusia itu seturut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; ‘’Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.’’


II. Prinsip-Prinsip Pemulihan Gambar Diri






1. Perangkap Penampilan : Saya harus memenuhi standar-standar tertentu supaya saya merasa berharga dan dapat diterima.

+ Kebenaran Firman Tuhan : Kita dibenarkan di hadapan Allah (Roma 5:1,Roma 3:28).
Saya dibenarkan (berkenan) di hadapan Allah bukan karena penampilan (perbuatan) saya, tapi karena penebusan darah Kristus dalam hidup saya.

2. Perangkap Pengakuan : Saya harus diakui (diterima) oleh orang-orang tertentu,baru merasa diri saya berharga.

+ Kebenaran Firman Tuhan : Kita diterima oleh Allah (Roma 8:31-39, Galatia 4:5-7).
Lewat penebusan darah Kristus, saya yang dahulu terpisah dari kasih Allah, sekarang telah diampuni dan diterima sepenuhnya oleh Allah.

3. Perangkap Rasa Bersalah (Tertuduh) : Barangsiapa yang gagal (termasuk diri sendiri) tidak layak dikasihi dan pantas dihukum.

+ Kebenaran Firman Tuhan : Kita telah diperdamaikan dengan Allah (1 Yohanes 4:9-10, Roma 5:6-10, 2 Korintus 5:9).
Lewat kematianNya di kayu salib, Kristus telah menanggung murka Allah atas dosa-dosa saya, sehingga dan dikasihi oleh Allah.

4. Malu terhadap diri sendiri : Pribadi saya buruk, saya sudah begini, tidak bias berubah. Saya tidak memiliki pengharapan.

+ Kebenaran Firman Tuhan : Kita adalah ciptaan baru di dalam Kristus dan berharga di mataNya (Ibrani 10:14, Korintus 5:16-17).
Saya adalah ciptaan yang baru di dalam Kristus ketika saya menerima pengorban-Nya di atas kayu salib bagi hidup saya.

Pemulihan Gambar Diri akan kita alami ketika :

·        Kita menanggalkan cara pandang diri yang salah (tipu muslihat Iblis) dan mulai memandang diri kita menurut perkataan Firman Tuhan atas hidup kita.
·         Kita bertumbuh dalam pengenalan kita akan Pribadi Allah da nisi hati-Nya atas kita.


III. Tanda-Tanda Seseorang Yang Mengalami Pemulihan Gambar Diri :






1. Hati yang bergembira, bersukacita

2. Pikirannya dipebaharui dari hari ke hari menurut kebenaran Firman Tuhan, sehingga menjadi semakin positif

3. Mulai peduli akan kebutuhan orang lain, muncul kasih terhadap sesama


4. Gemar berdoa, memuji dan menyembah Allah. Sebagai kelanjutannya, kerohaniannya mulai bertumbuh.


Tuhan Yesus Memberkati.
Amin.




(oleh Kristus Ministry)
(bahan : Materi MSJ Gereja Mawar Sharon)

No comments:

Post a Comment

Artikel Lainnya